Apa itu artikel yang SEO? Mungkin bukan hanya Anda yang bingung tentang istilah artikel SEO atau konten SEO friendly. Banyak pemula yang masih belum memahami istilah ini. SEO atau Search Engine Optimizer bukan hanya dilakukan dengan mengoptimalkan theme atau template maupun bagian-bagian website yang Anda kelola. Namun, optimasi juga harus dilakukan dengan membuat konten atau artikel. Bukan sembarang artikel juga yang bisa Anda upload di website. Akan jauh lebih baik hasilnya jika Anda membuat artikel SEO Friendly.

Menjawab beberapa pertanyaan klien tentang apa itu artikel SEO, saya akan menjelaskannya beberapa poin penting. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah menentukan artikel yang Anda buat untuk situs yang Anda kelola. Artikel yang kita publish di blog atau website bisa dikategorikan menjadi artikel review, artikel penelitian, artikel berupa pendapat, artikel yang ditulis kembali atau rewrite dan juga artikel copas. Sedangkan kita bisa membuat berbagai jenis artikel tersebut menjadi SEO friendly dengan teknik tertentu.

Di beberapa sosial media, website maupun forum, blogger pemula sering menanyakan apa itu artikel SEO. Artikel yang telah dioptimasi dengan kata kunci atau keyword dan optimasi lainnya itulah yang dinamakan artikel SEO. Untuk membuat artikel SEO, Anda harus mempelajari beberapa hal dibawah ini.

Part 1       Pelajari bagaimana memilih keyword yang tepat

Keyword atau kata kunci adalah bagian penting dari artikel SEO Friendly. Tanpa keyword, akan sulit bagi Anda untuk bersaing di halaman pertama search engine. Memang, ada beberapa konten yang bisa masuk di halaman pertama tanpa keyword, tapi hal ini sangat sulit bagi situs yang masih baru.

Mengoptimalkan artikel dengan kata kunci yang tepat bisa membantu konten Anda terindex mesin pencari dalam waktu sangat cepat. Untuk memilih keyword, Anda bisa menggunakan beberapa tools gratis dan premium. Anda bisa menggunakan Google Keyword Planner atau alat lainnya.

Part 2       Bobot artikel

Apa itu artikel yang berbobot? Bukan hanya keyword saja, dalam membuat artikel SEO kita juga harus memperhatikan bobot dari artikel tersebut. Nah, bobot artikel ini bisa ditentukan dari seberapa panjang artikel Anda, seberapa baik referensi yang Anda pilih untuk membuat artikel dan seberapa baik alur artikel yang Anda buat.

Untuk membuat artikel yang dipesan oleh klien, saya lebih suka mengambil referensi dari luar negeri, entah itu artikel di situs luar, jurnal atau buku-buku elektronik lainnya. Jika Anda memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, saya sarankan untuk mengambil sumber dari luar negeri.

Part 3       Optimasi lainnya

Optimasi lain yang harus dikerjakan untuk memaksimalkan artikel adalah dengan menambahkan gambar, keyword pada gambar, keyword pada meta tags, deskripsi dan lainnya. Jika Anda menggunakan platform WordPress, silahkan menggunakan plugin SEO yang bisa diinstal di situs Anda. Plugin SEO sangat membantu dalam mengoptimalkan konten yang Anda buat.

Part 4       Mempelajari teknik SEO Writing

Teknik SEO Writing akan menjawab berbagai pertanyaan apa itu artikel SEO, teknik dan bagaimana mengoptimalkannya. Saya telah merangkum berbagai teknik menulis artikel SEO yang bertahun-tahun saya pelajari dalam panduan SEO Writing. Mempelajari panduan ini membantu Anda membuat artikel yang berkualitas, berbobot dan tentunya SEO Friendly.

Bagaimana, jika Anda ingin menjadikan situs yang Anda kelola lebih berkualitas, bertraffic tinggi dan bisa menghasilkan profit maksimal, silahkan membuat artikel SEO Friendly secara rutin.