Taukah Anda bahwa cara menulis konten yang Anda sajikan di situs sangat berpengaruh terhadap omset yang Anda dapatkan? Jika Anda memiliki blog/ website ataupun toko online maka menulis artikel adalah salah satu cara untuk mendatangkan pengunjung situs. Bayangkan jika Anda memiliki blog namun tidak satupun artikel yang Anda sajikan di blog tersebut. Apakah pengunjung akan betah dan kembali lagi pada blog Anda?

Sekalipun Anda telah menyajikan artikel pada blog, namun jika cara menulis yang Anda gunakan salah, hal ini tidak akan berpengaruh pada peningkatan traffic dan omset Anda. Untuk lebih jelasnya, silahkan memahami kedua ilustrasi dibawah ini.

Ilustrasi 1 

Anda membuat artikel dengan judul “Menyajikan makanan cepat saji”, artikel tersebut memiliki jumlah kata 200 kata. Selain itu, Anda hanya memberikan tips bagaimana menyajikan beberapa makanan cepat saja. Tapi, Anda sebenarnya menjual produk kecantikan misalnya saja menjual produk jerawat.

Jika penguna internet mencari artikel tentang cara mengatasi jerawat, maka artikel yang Anda buat di atas tidak akan mungkin masuk di halaman 1 Google, bahkan untuk masuk di halaman 2,3, 4 atau 5 dari search engine tersebut pun akan sulit.

Dan ini beberapa kesalahan cara menulis artikel di atas

  • Anda tidak memahami niche yang ada pada situs Anda
  • Anda tidak melakukan riset keyword
  • Anda membuat artikel kurang berbobot
  • Tidak ada kata kunci pada artikel yang Anda buat
  • Artikel tidak di optimasi

Ilustrasi 2

Anda memiliki situs yang menjual produk penghilang jerawat. Hampir semua artikel yang ada pada situs Anda adalah artikel dengan topik atau niche “jerawat”. Kemudian, Anda membuat artikel dengan judul “Cara menghilangkan jerawat secara cepat”. Panjang artikel yang Anda buat adalah 600 kata. Anda menempatkan keyword menyebar di seluruh bagian artikel. Selain itu, Anda juga mengoptimasi artikel baik onpage maupun offpage.

Ketika pengguna internet ingin mencari artikel  dengan kata kunci “cara menghilangkan jerawat”, maka seach engine akan mengindex situs-situs yang memiliki kata kunci sesuai dengan kata kunci yang diketik oleh pengguna internet. Karena artikel Anda memiliki kata kunci yang relevan dengan apa yang dicari oleh pengguna internet, maka search engine dengan cepat mengindex situs Anda dan menampilkan situs Anda pada halaman pertama Google.

Setelah itu, pengguna internet akan membuka situs Anda dan karena situs Anda menampilkan produk jerawat, secara tidak langsung pengguna internet akan tertarik dengan produk Anda. Hal inilah yang bisa membuat pengguna internet membeli produk yang Anda jual. Cara menulis yang Anda lakukan tersebut bisa mendatangkan calon konsumen untuk membeli produk yang Anda jual.

Jadi, membuat artikel yang teroptimasi dengan baik bisa mendatangkan pengunjung tanpa harus membayar iklan premium.

Poin penting yang harus Anda lakukan agar bisa meningkatkan omset tanpa iklan premium diantaranya:

  1. Lakukan riset keyword dengan tepat
  2. Buat konten dengan panjang artikel lebih dari 300 artikel
  3. Buat konten sesuai dengan produk yang Anda jual
  4. Buat konten yang menjadi solusi masalah konsumen produk Anda
  5. Lakukan optimasi maksimal pada situs Anda

Agar cara membuat artikel Anda lebih tepat silahkan mempelajari teknik-teknik SEO writing terbaru. Anda bisa mendapatkan berbagai tips membuat artikel yang menarik dan SEO friendly sehingga bisa mendatangkan calon konsumen lebih banyak.