Bagaimana cara meningkatkan traffic setiap hari di situs Anda tanpa membayar jasa SEO atau iklan?

Pada artikel ini kita bisa belajar bagaimana cara otomatis meningkatkan traffic blog dengan berbagai strategi yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan bisnis. Sekalipun kita memiliki berbagai tujuan dalam membangun situs, tapi hal yang paling penting adalah bagaimana cara menambah visitor pada blog tersebut.

Mendapatkan ribuan visitor, hal ini bukanlah cara yang sulit sekalipun situs atau website yang kita miliki masih sangat baru.

Mengapa harus traffic?

Traffic adalah sumber kehidupan dari blog, website atau toko online. Tanpa traffic situs kita akan mati alias tidak ada gunanya.

Buat apa kita bersusah payah membangun situs, menulis artikel setiap hari jika kita tidak fokus bagaimana membangun traffic. Traffic snagat dibutuhkan untuk memajukan segala usaha atau tujuan kita membangun situs. Dengan traffic kita bisa mendapatkan berbagai manfaat seperti dibawah ini.

  1. Traffic membantu meningkatkan lead

Dengan cara meningkatkan jumlah pengunjuing blog, kita bisa dengan mudah mendapatkan lead. Lead atau calon konsumen adalah asset yang sangat berharga bagi kita dimana mereka akan menjadi konsumen yang membeli produk kita.

Jadi bisa dibayangkan jika kita memiliki traffic yang tinggi setiap hari? Kita bisa dengan mudah mendapatkan lead atau calon konsumen.

  1. Meningkatkan earning

Nah, ini! sangat penting bagi siapa saja yang bermain adsense untuk meningkatkan earning mereka dengan mendapatkan lebih banyak traffic. Jika Anda memiliki traffic tinggi setidaknya 1000 visitor unik setiap hari,  hal ini bisa berpengaruh besar terhadap pendapatan adsense Anda.

Bisnis adsense memang tak ada matinya, namun akan mati jika kita tidak mampu mendapatkan ribuan traffic pada situs kita. Mengelola situs untuk adsense memang butuh perjuangan dan salah satunya adalah bagaimana cara menaikkan rating blog di Google.

  1. Meningkatkan penjualan

Semakin banyak free traffic atau traffic organik yang Anda dapatkan semakin baik untuk meningkatkan penjualan.

Mengapa harus traffic organik?

Traffic organik datang dari search engine dimana seseorang mengetikkan kata kunci untuk mendapatkan informasi dari suatu situs. Dengan begitu, konversi penjualan Anda semakin meningkat dengan bertambahnya traffic organik pada situs Anda.

Free traffic sangat berbeda dengan cara memperbanyak pengunjung blog dengan software. Traffic organik ini kita dapatkan dari search engine melalui optimasi Onpage.

Boleh jadi Anda saat ini memiliki lebih dari 1000 visitor, tapi dengan memiliki hanya 1000 visitor saja Anda bisa meningkatkan konversi penjualan dengan sangat mudah.

Cara mendapatkan ribuan traffic tanpa biaya

Step 1      Tulis artikel lebih panjang

Wahhh saya gak punya ide mbak buat nulis artikel yang panjang kaya di situs mbak??

Pasti bisa, asalkan Anda berusaha J

Kunci menulis artikel yang panjang  adalah dengan membuat heading dan subheading serta Anda tau  dan memahami apa yang Anda tulis. Sekedar tau saja, ini belum cukup.

Minimal saya menulis artikel lebih dari 1.500 kata di setiap artikel pada situs-situs saya. Yang saya inginkan dengan menulis artikel sepanjang itu adalah untuk memaksimalkan informasi yang saya berikan pada pembaca. Jadi bukan hanya sekedar mengejar keyword saya atau sekedar untuk mengejar SEO Onpage hanya karena ingin meningkatkan pengunjung blog.

Bisa mbak tapi lama banget nulisnya, bisa berhari-hari, gimana?

Nggak masalah lama, tapi jika Anda terus belajar menulis artikel berkualitas dengan jumlah kata lebih banyak, hal ini bisa meningkatkan performa artikel tersebut pada search engine. Inilah salah satu cara menambah visitor pada blog hingga ribuan visitor perhari.

Salah satu kunci suatu artikel bisa berada di posisi 10 besar mesin pencari adalah dengan menulis artikel yang lebih panjang atau sekitar 2.000 artikel.

Tips menulis artikel yang panjang:

  1. Kuasai apa yang akan Anda tulis
  2. Buat heading dan subheading
  3. Buat kerangka pikir
  4. Buat rangkuman penting dari berbagai sumber terbaik
  5. Baca sumber secara detail dan pastikan Anda mengerti apa yang akan Anda tulis
  6. Buat artikel yang detail
  7. Jangan lupakan SEO writing
  8. Pilih jenis artikel tutorial (bisa membuat artikel Anda lebih panjang)

Jika kita ingin lebih mudah menulis artikel yang lebih panjang maka kita harus rutin belajar.

Step 2      Dominasikan long tail keyword

Long tail keyword sangat berperan pada artikel yang kita buat. Long tail keyword ini terdiri lebih dari 3 kata. Atau kita sering mengenalnya sebagai keyword atau kata kunci turunan.

Dengan membuat lebih banyak long tail keyword maka kita lebih mudah untuk mengoptimasi artikel agar bisa berada di 10 besar Google ataupun search engine lainnya.

Dan taukah Anda bahwa ling tail keyword akan menambah visitor pada blog sekitar 70% dari pengunjung di search engine. Nahhh… sudahkah artikel Anda juga memiliki loing tail keyword yang tepat? Setelah mbak Google mengumumkan adanya si Google Panda yang di updatenya pada tahun 2011 lalu, long tail keyword menjadi bagian yang sangat dominan dalam mendatangkan traffic.

Setelah peraturan si Panda itulah maka sangat mudah bagi siapa saja untuk menduduki halaman pertama Google dengan memaksimalkan long tail keyword. Long tail keyword sangatlah besar manfaatnya terutama bagi kita yang ingin menjual produk online.

Cara riset long tail keyword

Sebenarnya si mbah Google tidak akan peduli dengan semua konten yang Anda buat. Dan Google juga tidak peduli dengan berapa banyak waktu dan biaya yang telah Anda keluarkan untuk membuat konten yang berkualitas. Si mbah Google hanya memprioritaskan pengguna internet dalam mendapatkan informasi yang mereka inginkan.

Hal inilah yang harus kita perhatikan yaitu long tail keyword untuk mendapatkan ribuan visitor dari situs Anda. Selain itu,long tail search term juga snagat penting karena Anda bisa meningkatkan traffic blog dan mendapatkan free traffic dari long tail tersebut.

Bagaimana kita mendapatkan long tail search term?

Dibawah ini kita bisa mendapatkan long tail search term dengan beberapa langkah yang sangat mudah.

Langkah 1 Buat akun Gmail

Langkah pertama untuk mendapatkan long tail search term adalah dengan membuat akun Gmail. Silahkan membuat akun tersebut dan setelah itu masukkan keyword utama.

Saya contohkan:

Keyword utama adalah bisnis online

Klik keyword ideas seperti gambar dibawah ini.

Dan yang saya beri kotak orange tersebut adalah long tail keyword yang siap Anda eksekusi untuk mendapatkan ribuan visitor organik.

Langkah 2 Gunakan Ubersuggest

Ubersugest adalah salah satu alat untuk mendapatkan keyword dan keyword turunan atau long tail keyword. Anda bisa menggali informasi tentang keyword yang Anda inginkan lebih dalam.

Beberapa keungggulan dari tool ini adalah Anda bisa mendapatkan berbagai list atau daftar dari long tail keyword yang relevan dengan keyword utama Anda. Dengan menggunakan tool ini kita bisa dengan mudah mendapatkan rangking tertinggi di search engine.

Cara mengunakan Ubersugest sangat mudah, tinggal enter keyword utama dan klik “suggest pada tombol yang disediakan. Setelah itu Anda bisa melihat variasi dari ling tail dari keyword utama.

Lihat gambar dibawah ini..

Step 3         Jangan lupakan SEO Onpage

Okey, apa lagi mbak?

Masih banyak pembahasan kita dan saya ingin memberikan informasi yang lebih detail disini. Langkah berikutnya adalah menggunakan SEO Onpage. Teknik SEO Onpage ini adalah cara otomatis meningkatkan traffic blog dengan cara optimasi di dalam situs tersebut.

Beberapa hal penting dalam SEO Onpage diantaranya:

  1. SEO Friendly URL

Membuat URL lebih seo friendly bisa meningkatkan traffic situs, hal ini karena URL yang Anda gunakan mengandung keyword yang Anda targetkan.

Misalnya, pada artikel ini saya menargetkan keyword : cara meningkatkan visitor

Maka saya akan membuat URL lebih SEO friendly yaitu : www.caramenulisartikel/cara-meningkatkan-visitor/

Gitu aja mbak???

Iya segitu aja sudah cukup, nggak perlu panjang-panjang URL –nya J

  1. Keyword pada Title Tag

Tempatkan keyword pada Title Tag jika konten Anda lebih cepat di index oleh search engine. Keberadaan Title Tag pada artikel Anda sangat berpengaruh pada SEO karena itu pastikan setiap situs yang Anda miliki memiliki title tags.

  1. Gunakan Subheading

Heading sangat penting, namun subheading juga penting jadi keduanya harus Anda sertakan pada setiap konten yang dibuat. Heading dan subheading dengan keyword tertarget adalah salah satu cara menambah visitor pada blog dari search engine.

Anda bisa menggunakan H2 dan H3 jika Anda membuat konten bertingkat sehingga pembaca jauh lebih mudah memahami isi konten Anda. Menggunakan subheading membantu pembaca dan juga search engine untuk mendeskripsikan poin-poin penting pada artikel yang Anda buat.

  1. Fast loading

Situs yang fast loading akan cepat meningkatkan visitor dibandingkan situs yang loadingnya lambat. Bisa kita bayangkan jika kita harus menunggu beberapa menit hanya untuk membuka suatu situs?

Bisa dipastikan visitor akan lari ketika situs Anda memiliki loading lambat. Google dan visitor sangat suka dengan situs yang memiliki loading cepat, karena itu Anda bisa memaksimalkan loading situs untuk meningkatkan traffic.

  1. Gunakan internal link

Internal link membantu SEO Onpage Anda, sekaligus juga bisa membantu meningkatkan traffic dan peringkat situs di search engine. Buat konten menarik, lalu buatlah internal link pada beberapa post yang memiliki relevansi dengan postingan Anda.

 

Keberadaan  internal link meningkatkan search engine untuk lebih cepat mengindex konten kita. Untuk hasil maksimal, kita bisa menggunakan internal link minimal 3 internal link pada satu artikel. Tapi, kita pertimbangkan juga panjang artikelnya. Jika artikel yang Anda buat hanya 300 kata, maka jangan gunakan internal link terlalu banyak.

Kecuali seperti artikel yang saya buat ini, Ada 2.000 kata lebih, ya J. Makanya saya juga buat internal link lebih banyak biar pembahasannya lebih jelas.

  1. Backlink berkualitas

Masih penting mbak backlink itu??

Ya, penting banget asalkan kita bisa memilih situs yang berkualitas dan juga autority site yang tepat. Jika kita menanamkan backlink terlalu banyak, namun pada situs-situs yang kurang jelas atau bahkan situs yang melanggar TOS Google, hal ini bisa membunuh situs kita sendiri.

Jika dulu banyak blogger termasuk saya J yang berlari kesana-kemari untuk nyari backlink dengan menanam backlink di berbagai situs saat blogwalking, maka sekarang zamannya nyari sedikit backlink tapi berkualitas.

“This time not about Quantity but about Quality links”

Search engine saat ini hanya menginginkan link berkualitas bukan banyak link yang Anda tanamkan. Cukup 2-3 link saja namun snagat berkualitas, hal ini bisa menambah  visitor pada blog kita. Sayangnya, untuk mendapatkan link berkualitas terutama dari autority sites itu tidak mudah.

Berikut tips agar kita lebih mudah mendapatkan backlink berkualitas:

  • Tulis konten yang berkualitas dan menarik
  • Perkaya konten yang Anda buat dengan long tail keyword dan LSI Keyword
  • Maksimalkan SEO Onpage Anda
  • Buat lebih banyak link juice
  • Bangun link secara bertahap dan bermanfaat
  • Gunakan anchor text yang unik
  • Setting link dofollow jika kita ingin membangun link juice

Jika kita telah membuat konten dengan beberapa kriteria di atas, maka kita bisa berpromosi untuk mendapatkan backlink.

Step 4      Gunakan LSI Keyword

Menggunakan LSI Keyword  bisa meningkatkan visitor dengan sangat cepat. LSI atau Latent Semantic Indexing merupakan frase yang terdiri dari kata-kata yang relevan atau mirim dengan kata kunci utama Anda.

Waahhh bingung mbak?

Biar nggak bingung, silahkan lihat contoh dibawah ini J

Nah, LSI ini sangat besar peluangnya di klik oleh users.

Dari gambar di atas, keyword utama yang diketik oleh users adalah “Amazon Kindle 3G. Dengan mengetahui LSI maka Anda bisa menambahkan LSI tersebut pada  artikel yang Anda buat.

LSI Keyword        =  Konten relevan = Sangat baik untuk optimasi Search Engine

Nah… coba sekarang Anda cari dimanakah letak LSI pada artikel ini???

Jika Anda menemukannya, silahkan membuat konten dengan menambahkan LSI seperti yang saya gunakan saat ini.

Step 5      Manfaatkan Sosial Media

Manfaatkan sosial media sebagai cara meningkatkan traffic blog dengan cepat. Setelah mempublikasikan artikel baru,  kita bisa mempromosikan artiel pada berbagai sosial media. Ketika kita share postingan pada sosial media, hal ini akan meningkatkan jumlah klik pada URL kita.

Beberapa sosial media yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan traffic blog dengan sangat cepat adalah Facebook, Twitter, Google + dan LinkedIn. Memang sangat tepat bila kita membangun  jaringan yang luas maka kita juga bisa mendapatkan manfaat yang lebih besar dan salah satunya akan bermanfaat untuk meningkatkan traffic situs.

Optimasi sosial media sangat penting jika kita ingin mendapatkan benefit dari situs yang kita bangun.

Berikut cara efektif untuk meningkatkan traffic blog melalui sosial media:

  1. Buat akun di berbagai sosial media

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah membuat akn di masing-masing sosial media.

  1. Share konten secara teratur

Ada cukup banyak tools untuk memudahkan kitashare konten di sosial media. Salah satu tools sosial media yang bisa kita gunakan adalah Revive Social WordPress Plugin. Plugin ini membantu kita untuk share postingan lama secara otomatis di sosial media.

  1. Gunakan sosial management tools

Untuk memudahkan scedule share artikel pada situs, kita bisa menggunakan Hootsuite. Tool ini membantu kita membuat scedule atau jadwal hingg 350 pesan dari 3 akun sosial media.

  1. Manfaatkan LinkedIn

Untuk membangun situs lebih professional kita bisa memanfaatkan LinkedIn. LinkedIn adalah cara meningkatkan traffic gratis setiap hari, apalagi dengan fasilitas yang disediakan oleh sosial media satu ini.

Untuk menarik lebih banyak audience pada postingan kita, maka kita harus share lebih dari 1 kali setiap hari. Tapi, kita harus ingat jangan sampai kita dianggap spammer. Kita harus memperhatikan waktu dan peraturan dari sosial media ini.

Okey….

Sekarang saatnya Anda mencoba beberapa tips di atas sebagai cara meningkatkan traffic blog yang aman, cepat dan jauh lebih berkualitas.