Membuat konten review adalah salah satu hal yang sangat penting dalam berbisnis apalagi jika Anda adalah seorang internet marketer. Namun, apapaun bisnis yang Anda jalankan saat ini, terutama bisnis di internet, hal penting yang harus Anda perhatikan adalah bagaimana membuat konten review yang bisa menghipnotis siapa saja yang membaca konten tersebut.

Pada akhirnya, dengan membuat konten review, Anda bisa lebih mudah menjual produk atau jasa. Karena, sebagian besar hasil pencarian di search engine adalah konten, bukan gambar saja.

Agar Anda bisa mempelajari bagaimana membuat konten review yang tepat, saya akan memberikan ulasan beberapa hal penting dibawah ini

Pengertian konten review

Konten review adalah konten yang menjelaskan suatu produk atau jasa secara detail sehingga memberikan informasi yang tepat, nyata dan jelas bagi pembaca. Jadi, ketika Anda membuat konten review, Anda harus benar-benar memahami apa yang akan Anda review tersebut.

Contohnya: saya akan membuat konten review tentang salah satu produk digital, misalnya “SEO Writing”.

Dari produk tersebut, saya harus membaca, mempelajari, mempraktekkan dan melihat hasilnya, baru saya akan mereview produk tersebut. Saya tidak akan mereview sebelum saya tau apa dan bagaimana produk tersebut.

Dan untuk membuat konten review, hal ini bukanlah sembarangan menulis. Anda bisa di komplain pembaca jika apa yang Anda tulis tidak sesuai dengan produk yang Anda review. Apalagi jika Anda memasarkan produk yang Anda review, jika terjadi kesalahan, hal ini akan berdampak kurang baik bagi brand atau citra Anda di mata konsumen.

Apa saja yang direview?

Untuk membuat konten review, hal ini harus memperhatikan apa yang akan Anda review. Apakah itu produk fisik, produk digital ataukah jasa.

Produk fisik

Ada cukup banyak jenis produk fisik, misalnya produk kecantikan, produk kesehatan, produk makanan dan lainnya. Untuk produk fisik, misalnya saja produk kecantikan, Anda bisa mereview beberapa hal dari produk tersebut diantaranya:

  • Brand produk
  • Bahan-bahan produk
  • Keunggulan produk
  • Keamanan produk
  • Legalitas produk
  • Cara pemakaian produk
  • Aturan pemakaian produk
  • Siapa saja yang bisa memakai produk
  • Manfaat jangka pendek
  • Manfaat jangka panjang

Produk digital

Untuk mereview produk digital, Anda tetap harus mempelajari, memahami dan mempraktekkan produk tersebut. Sebagai contoh, saya telah mempelajari dan mempraktekkan ebook “SEO Writing” sehingga saya bisa membuat review produk tersebut dengan beberapa poin penting diantaranya:

  • Poin-poin penting produk
  • Keunggulan produk
  • Harga produk
  • Siapa saja yang bisa menggunakan produk
  • Cara mempraktekkan produk
  • Hasil yang saya dapatkan setelah mengaplikasikan produk tersebut
  • Manfaat menggunakan produk

Jasa

Untuk membuat konten review jasa, misalnya jasa travel dan tour, hal ini memang jauh lebih sulit dibandingkan produk fisik dan digital. Bukan sulit untuk mengolah kata atau membuat kontennya, namun kita harus benar-benar tau tentang kualitas dan pengalaman selama menggunakan jasa tersebut.

Contoh mudahnya, Anda akan membuat konten review tempat wisata “Raja Ampat”, maka beberapa hal yang harus Anda review adalah:

  • Bagaimana menuju tempat wisata
  • Bagaimana transportasi menuju tempat wisata tersebut
  • Fasilitas di tempat wisata
  • Apa yang Anda dapatkan disana
  • Keindahaan tempat wisata tersebut
  • Bagaimana penduduk disana menyambut Anda
  • Apa kesan terakhir Anda setelah mengunjungi tempat wisata

Nah, beda bukan apa yang harus kita review dari masing-masing jenis produk di atas?

Manfaat konten review

Dengan membuat konten review, ada cukup banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan. Beberapa manfaat konten review adalah:

  1. Memperkenalkan produk atau jasa baru

Review suatu konten sangat bermanfaat untuk produk baru atau produk yang akan dirilis. Jika Anda ingin menjual produk baru, agar produk tersebut lebih familiar dengan masyarakat, Anda bisa membuat suatu review dan meminta tolong beberapa orang untuk mereview produk Anda.

Jika ada beberapa orang yang membuat review terhadap produk baru Anda, hal ini bisa memberikan peluang cukup besar produk Anda dikenal masyarakat luas atau target market Anda.

  1. Meningkatkan penjualan

Dengan membuat konten review, hal ini bisa meningkatkan penjualan produk tersebut. Semakin banyak pihak yang memberikan review positif terhadap produk Anda, hal ini bisa membantu meningkatkan penjualan tanpa harus membayar iklan premium.

Seperti halnya ketika Anda ingin membeli produk di Amazon, Anda akan mendapatkan banyak review dari pembeli yang telah menggunakan produk tersebut. Semakin banyak review positif dari konsumen, tentu semakin banyak membeli produk tersebut.

  1. Membangun brand produk dan bisnis Anda

Review produk atau jasa yang positif membantu meningkatkan kepercayaan konsumen dan  lead Anda. Dengan membaut konten review yang berkualitas, hal ini bisa membangun brand produk dan bisnis Anda. Misalnya, Anda menjual produk pemutih wajah dan banyak konsumen yang mereview positif  produk Anda. Review dari mereka membantu meningkatkan kepercayaan calon konsumen untuk membeli produk pemutih tersebut.

  1. Meningkatkan traffic situs

Saya contohkan, ada konsumen Anda yang membuat review tentang produk digital Anda. Mereka juga mencantumkan URL situs Anda agar siapa saja yang membaca review tersebut segera mengunjungi situs Anda. Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan traffic lebih banyak setiap hari.

Tips membuat konten review

Ok mba, lalu bagaimana caranya membuat konten review yang bisa membantu bisnis saya? Sebelumnya, Anda harus memahami bahwa hanya konten review yang berkualitas dan menghipnotis inilah yang bisa membantu konversi penjualan Anda.

Dan dibawah ini, saya akan membagikan beberapa tips membaut konten review yang mampu menghipnotis pembaca.

Step 1         Cari informasi tentang produk yang akan di review

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat konten review adalah mencari informasi tentang produk yang akan direview. Sebelum Anda mendapatkan informasi yang lengkap, jangan buru-buru menulis konten.

  • Cari informasi di situs perusahaan

Hampir semua produk yang memiliki nama memiliki situs sendiri. Anda bisa mempelajari berbagai informasi tentang produk yang direview melalui situs tersebut.

  • Buat beberapa list tentang informasi produk

Anda bisa membuat beberapa list tentang informasi suatu produk yang akan Anda review seperti legalitas perusahaan, kredibilitas perusahaan, keunggulan produk dll

Step 2                   Sudah memiliki produk untuk di review

Hal penting lainnya yang harus Anda siapkan untuk sebuah review adalah produk tersebut. Pastikan bahwa Anda sudah memiliki produk yang akan di review. Bagaimana jika produk tersebut mahal?

Jika Anda akan mereview produk dengan harga jutaan rupiah, Anda bisa memilih beberapa alternatif untuk mendapatkan produk tersebut. Anda bisa menghubungi perusahaan yang membuat atau mendistribusikan produk. Hubungi mereka melalui email ataupun telephon.

Meminta izin pada perusahaan agar Anda bisa mereview produk mereka dan mendapatkan sample produk yang akan direview, hal ini bisa menghemat biaya Anda. Bagi sebagian perusahaan, mereka akan sangat senang memberikan produk gratis asalkan Anda bisa mereview produk tersebut dan membantu meningkatkan penjualan mereka.

Dan sebagian besar saya membuat review berbagai produk dari klien dan mereka memberikan sample produk tersebut untuk digunakan sebelum saya membuat konten review.

Step 3               Pelajari dan gunakan

Jika Anda sudah memiliki produk yang akan di review, langkah selanjutnya adalah menggunakan produk tersebut. Jika Anda ingin membuat konten review produk yang bisa digunakan, misalnya kosmetik, alat-alat kesehatan dan lainnya, maka gunakan produk tersebut sebelum Anda menulis konten.

Anda bisa memberikan foto saat Anda memakai produk yang direview untuk memberikan kepercayaan pada pembaca. Menggunakan produk memang salah satu hal penting dalam membuat konten review. Pembaca akan melihat keaslian review Anda dan salah satu bukti keaslian review tersebut adalah Anda menunjukkan step by step penggunaanya dengan foto Anda sendiri.

Selain foto, Anda juga bisa membuat video tutorial tentang review produk seperti dibawah ini sehingga pembaca benar-benar yakin dengan review Anda.

Step 4         Tulis apa yang diinginkan pembaca

Apakah Anda sudah tau apa yang diinginkan pembaca sehingga mereka mau membaca konten review yang Anda buat? Sebagian besar calon pembeli akan mencari beberapa review suatu produk sebelum mereka membeli produk tersebut. Mereka tidak ingin kecewa atau menyesal jika ternyata produk yang mereka beli kurang atau bahkan tidak berkualitas.

Dengan konten review, calon pembeli bisa menilai kualitas dari suatu produk yang meyakinkan mereka sebelum membeli. Jadi, review produk adalah hal penting bagi pemilik produk agar lead atau calon konsumen segera mengambil keputusan untuk membeli produk mereka.

Nah, karena keinginan pembaca adalah mengetahui kualitasdan beberapa informasi produk yang di review, maka membuat konten review pun harus memperhatikan apa yang dibutuhkan mereka.

Beberapa hal penting yang dibutuhkan oleh pembaca pada konten review diantaranya:

  • Kualitas produk, apakah jauh lebih baik dari produk lain atau tidak
  • Apakah produk tersebut mudah digunakan?
  • Apakah produk tersebut cocok untuk calon pembeli atau pembaca?
  • Apakah produk tersebut bahannya aman digunakan?
  • Apakah ada garansi produk?
  • Apakah produk tersebut bisa memberikan hasil maksimal dan cepat?
  • Apakah produk tersebut harganya menguras dompet?

Dengan mengetahui beberapa hal yang sering dipertanyakan oleh pembaca di atas, Anda bisa memaksimalkan kualitas konten review yang dibuat.

Step 5        Struktur penulisan yang tepat

Setelah beberapa step di atas, pada step ini Anda harus menguasi struktur penulisan dari konten review. Ingat, membuat konten review tidak sama dengan konten blog atau konten lainnya. Anda harus membaut struktur konten tersebut mengalir dan mudah dipahami oleh pembaca.

Berikut struktur penulisan konten review yang sering saya gunakan:

  1. Tulis apa yang menjadi masalah target

Sebelum menulis informasi tentang produk yang Anda review, Anda harus mengetahui apa yang menjadi masalah mereka.

Contoh : review produk “SEO Domination” milik salah seorang internet marketer professional Indonesia .

Masalah yang saya ambil  dari produk tersebut adalah :

  • Banyak blogger yang kurang paham bagaimana membuat situs mereka lebih SEO
  • Banyak situs yang menginginkan traffic tinggi namun mereka tidak tau bagaimana caranya
  • Banyak situs yang ingin menduduki halaman pertama Google atau search engine lainnya
  • Dll

Nah, kemukakan dulu apa yang menjadi masalah target Anda satu atau dua paragraf saja sehingga mereka benar-benar yakin bahwa konten Anda adalah apa yang mereka butuhkan.

  1. Perhatikan Grammar

Sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan grammar atau EYD, apalagi jika harus mereview produk asing dengan bahasa English. Jangan sampai review Anda hancur lebur karena kesalahan penulisan. Membuat konten review yang berkualitas juga harus memperhatikan penulisan yang mudah dipahami dan tidak ambigu (menimbulkan penafsiran ganda)

Step 6                   Jangan berlebihan

Membuat review konten memang harus real atau sesuai dengan produk tersebut. Jadi, jangan pernah melebih-lebihkan produk yang Anda review, jika ternyata review Anda tidak sesuai kenyataan, hal ini bisa mengecewakan pembaca dan merusak reputasi Anda dalam dunia marketing, blogger atau mungkin bisnis Anda sendiri.

Step 7                   Kesimpulan yang sangat menggoda

Langkah akhir dari review Anda adalah menulis kesimpulan yang membuat pembaca segera membeli produk yang Anda review. Dan, ini memang tugas yang paling berat bagi Anda, tapi buat saja santai dan jangan memaksa.

Beberapa kalimat yang harus Anda hindari dari step ini adalah : “Pokoknya Anda wajib beli” atau kalihat apa saja yang memberi kesan memaksa pembaca.

Anda bisa membuat kesimpulan dari hasil penggunaan produk yang Anda lakukan. Bagaimana produk tersebut membantu Anda dan bagaimana hasilnya. Dari apa yang Anda alami sendiri, mereka akan berpikir dan memutuskan untuk segera membeli produk yang Anda review.